Powered By Blogger

Rabu, 27 Oktober 2010

KISAH SEEKOR KUPU-KUPU

Seseorang menemukan kepompong seekor kupu-kupu. Dan pada suatu hari, suatU lubang kecil muncul pada kepompong tersebut. Dia mengamaati kupu-kupu itu dalam beberapa jam,  ketika dia berjuang dengan memaksakan dirinya keluar dari lubang kecil itu. Kemudian kupu-kupu itu berhenti membuat kemajuan untuk keluar dari lubang itu. Kelihatannya dia telah berusaha semampunya dan dia tidak bisa lebih jauh lagi.
Ahirnya orang tersebut berusaha untuk membantunya, dia mengambil sebuah gunting dan memotong pembungkus kepompong tersebut. Kupu-kupu tersebut keluar dengan mudahnya. Namun dia mempunyai tubuh gembung dan kecil, sayap-sayapnya mengerut. Orang tersebut terus mengamatinya karena dia berharap bahwa pada suatu saat sayap kupu-kupu itu akan mekar dan melebar, sehingga mampu menopang tubuhnya, yang mungkin akan berkembang dengan seiringnya waktu.
Semuanya tidak pernah terjadi. Kenyataanya, kupukupu itu menghabiskan sisa hidupnya merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap-sayap mengerut. Dia tidak pernah bisa terbang. Yang tidak dimengerti oleh orang tersebut adalah, kenapa kupu-kupu tersebut tidak bisa terbang padahal telah dia telah membantu untuk keluar dari pembungkus kepmpongnya. Ternyata perjuangan kupu-kupu tersebut dalam memaksakan tubuhnya keluar dari lubang kecil itu adalah jalan Allah untuk mengeluarkan sebuah cairan dari tubuh kupu-kupu itu ke dalam sayap-sayapnya, sehingga kupu-kupu tersebut akan siap terbang begitu dia memperoleh kebebasan setelah dia keluar.
Kadang-kadang perjuangan merupakan sesuatu yang kita perukan dalam hidup kita. Jika Allah membiarkan kita hidup tanpa hambatan, mungkin kita akan menjadi lemah. Kita tidak mungkin sekuat yang kita mampu.
Dari kisah kupu-kupu inilah kita mengambil hikmah, bahwasanya di dalam kesulitan yang Allah berikan, akan ada suatu rahasia jalan terbaik untuk kita. Kita saja yang tidak mengetahui dan menyadari hal itu... Kita beranggapan bahwa masalah yang kita dapatkan akan membuat kita gagal, dan menyulitkan kita. Tetapi tidak, bahwasanya masalah tersebut merupakan sebuah ujian dari Allah. Kita wajib mencari jawaban dari masalah tersebut, tetapi tidak dengan cara yang tidak baik atau curang, karena di situlah rahasia Allah terhadap makhluknya.
Kadang Allah tidak memberikan apa yang kita minta, tetapi dengan pasti Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita, kebanyakan kita tidak mengerti, bahkan kita tidak mau menerima rencana Allah, kenyataanya itulah yang terbaik untuk kita.
Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”
(Alquran surat Alinsyirah ayat 5-6)

1 komentar:

  1. Salam kenal, artikel yang inspiratif...izin share ya...,tks..

    BalasHapus