Powered By Blogger

Selasa, 14 Desember 2010

Hadits Nabi Muhammad SAW

1. Rasulullah bersabda : “Sebaik – baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain.”(HR. Thabrani)
2. Rasulullah bersabda : “Seandaninya aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya, niscaya lebih aku cintai dari pada i’tikaf selama sebulan dalam masjid ku ini.” (HR. Thabrani)
3. Dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik r.a. bahwasanya Rasulullah bersabda : “Andaikan seorang anak Adam memiliki satu lembah emas, ia tentu ingin memiliki dua lembah. Tidak ada yang akan bisa memenuhi mulutnya, kecuali tanah (setelah mati). Dan Allah menerima taubat orang yang bertaubat” (shahih Bukhari Muslim)
4. Dari Jabir r.a. Dia mendengar Rasulullah saw bersabda tiga hari sebelum wafatnya : “Janganlah seorang dari kalian menninggal dunia, melainkan ia harus berprasangka baik kepada Allah Azza wa Jalla.” (shahih Muslim)
5. Dari Jabir r.a . dia berkata : “Rasulullah saw tidak pernah sama sekali dimintai sesuatu, kemudian beliau menjawab TIDAK.” (shahih Bukhari Muslim)
6. Dari Abu Huraira r.a berkata : “Rasulullah bersabda : seutama – utama puasa sesudah Ramadhan ialah puasa di bulan yang Allah muliakan (Muharram) dan seutama – utama shlat adalah shalat wajib ialah shalatullail (shalat tahajud).” (shahih Muslim)
7. Dari Ab Huraira r.a. bahwasanya Rasulullah bersabda :”Barang siapa mengajak kepada kebenaran, maka baginya pahala seperti orang – orang yang mengikutinya, tanpa menguranginya sedikitpun dari pahala mereka.” (shahih Muslim)
8. Dari Abu Huraira r.a. Rasulullah saw brsabda:”Barang siapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah mudahkan baginya jalan menuju surga.” (shahih Muslim)
9. Dari Abu Huraira r.a. Rasulullah bersabda :”Jauhilah oleh kalian prasangka, sebab sesungguhnya prasangka itu adalah sedusta – dusta perkataan.” (shahih Bukhari Muslim)

10. Dari Jundub bin Abdullah bin Sufyan r.a. berkata : Rasulullah bersabda :”Barang siapa memperdengarkan amalannya, maka Allah akan memperdengarkan amal (ke tidak ikhlasannya itu) dan barang siapa yang berbuat riya, Allah akan menampakkan keriyaannya.” (shahih Bukhari Muslim)

11. Dari Ummu Kultsum r.a. dia mendengar Rasulullah bersabda :”Bukan termasuk pendusta orang yang berdusta apabila seseorang berniat memperbaiki hubungan antara manusia yang sedang berselisih, lalu dia menyampaikan berita yang baik atau mengucapkan yang baik – baik.” (shahih Bukhari Muslim)

12. Dari Jabir r.a. bahwasanya Rasulullah bersabda :”Allah merahmati orang-orang yang bermurah hati (lunak dan mudah) ketika menjual juga membeli dan ketika meminta haknya (menagih hutang).” (shahih Bukhari)

13. Dari Abu Huraira r.a. dia berkata : Rasulullah bersabda : “Jiak seorang dari kalian banun di waktu malam lalu ia membaca alquran dan salah (gagap karena mengantuk)< hendaklah ia berbaring tidur.” (shahih Muslim)

14. Dari Abu Qatadah r.a. berkata: aku pernah mendengar Rasulullah bersabda:”Barang siapa yang ingin Allah selamatkan dirinya dari beberapa kesusahan hari kiamat, hendaklah ia memberi tempo (untuk mengembalikan hutang) kepada orang yang kekurangan (miskin) atau menghapuskan hutang itu sama sekali.” (shahih Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar